Vietnamese Cuisine: Pho 4 All

5/02/2016 06:17:00 PM

Kampong Glam adalah daerah yang terkenal dengan landmark Sultan Mosque (Masjid Sultan) di Singapura. Tak hanya hal-hal hasil percampuran kebudayaan Timur Tengah dan Melayu saja, tapi sisi lain dari Kampung "Arab" ini juga glamor. Siapa yang tidak kenal dengan Haji Lane? Gang kecil yang penuh deretan toko multi-label, butik-butik unik serta beragam bar dan kafe yang bikin kunjungan kalian ke Singapura lebih asyik. Kampong Glam sebagai "Muslim Quarter" tentu saja menjadi rujukan pertama bila kita mencari makanan halal di Singapura. Beragam pilihan makanan ada disana, dari makanan timur tengah, melayu hingga rupa-rupa nasi padang pun ada. Maka, disinilah juga kita bisa menemui "warung" Vietnam yang menyediakan menu halal.


Pho 4 All
Namanya adalah Pho 4 All. Berada di Jalan Pisang, tepat di sisi utara Sultan Mosque, bersebelahan langsung dengan Restoran Hajah Maimunah. Sesuai dengan namanya, Pho 4 All menawarkan sajian mie khas Vietnam; Phở (diucapkan beragam: / fʌ /, / fə /, / fər /, atau / foʊ /;). Tentu saja Phở disini adalah halal Phở. Tidak seperti di tempat asalnya, Phở autentik biasanya mengandung pork.


Dalam menu, bisa dilihat ada lima jenis Phở di menu mereka, empat Beef Phở dan satu Chicken Phở. Empat jenis Beef Phở ini terbagi dalam berbagai olahan brisket (sandung lamur); a) half-cooked steak and well-done brisket (b) well-done brisket and flank, (c)well-done brisket, flank and meatballs or(d) half-cooked steak, well-done brisket, flank and meat balls. 

Menu
Karena saya bukan penggemar daging setengah matang, saya memesan opsi C, Phở Chín Bò Viên. Phở saya datang disajikan dengan mangkok besar berisi kuah bening yang melimpah, rice noodle, brisket, irisan daging dan bakso. Kuah dan mie-nya sedikit mengingatkan saya dengan kuliner khas Purwokerto, Sahoun. Meskipun tentu saja citarasanya berbeda, terutama kaldu sapi yang khas pada Phở ini.

Phở Chín Bò Viên
Garnish
Phở saya datang lengkap dengan garnish macam-macam; tauge, irisan cabe, jeruk nipis, saus hoisin, saus pedas, dan daun basil. Awalnya saya mengira dedaunan ini adalah kemangi, tetapi setelah dicoba, saya tahu ini daun basil karena rasa dan aroma yang berbeda. Oya, saus hoisin ini rasanya kalau tidak salah mirip dengan kecap ikan.

Yes, I'm drooling!
Untuk melengkapi makanan saya, sebagai starter, saya memesan Gỏi Cuốn. Gỏi Cuốn ini sering juga disebut sebagai Vietnamese Spring Rolls atau Summer Rolls. Gỏi Cuốn adalah hidangan tradisional Vietnam yang terdiri dari udang, sayuran segar, kacang, bihun dan bahan-bahan lainnya yang dibungkus dengan semacam kulit bernama Trang Bánh (umumnya dikenal sebagai paper rice). Every bite is refreshing and full of zest!

Gỏi Cuốn

Saya juga mencoba minuman signature-nya, Vietnam Jasmine Tea. Datang dengan gelas tinggi dan garnish bunga melati. Sangat menyegarkan and I personally felt like the drink completed and complemented my entire meal. 

Vietnam Jasmine Tea
Untuk semua menu yang saya pesan, saya hanya perlu membayar $S16.50. Cukup murah untuk ukuran Singapura, tapi barangkali akan sedikit mahal apabila dihitung menggunakan kurs rupiah. Hehehe.

Totalnya $S16.50
Menurut saya sih harganya sepadan, selain mengingat pentingnya sertifikasi halal pada makanan ketika keluar negeri, porsi dan rasa Phở ini luar biasa. Setidaknya ini bisa jadi alternatif pilihan makanan ketika di Singapura. Tidak melulu Chicken Rice, Laksa Singapura atau rupa-rupa fast-foodI definitely recommend everyone to try!


Pho 4 All
7 Jalan Pisang, Singapore 199074
Monday – Saturday 11:00 am to 9:00 pm
*Closed on Sundays 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Instagram